Wednesday, May 18, 2011

Liver ?


Pemberian hati ayam atau sapi sebagai alternatif dogfood untuk anjing merupakan pengetahuan umum atau dasar bagi pemilik anjing. Pada awalnya saya penasaran apa sebenarnya manfaat dari hati ayam atau sapi, yang sampai sekarang masih sangat membudidaya bagi pemilik anjing. Namun pada faktanya hati ayam atau sapi merupakan salah satu Dont's untuk anjing. Shocking right ?

Hal ini disebabkan karena hati ayam atau sapi mengandung racun antibiotik tylosin, penicilin, oxcytetraciline, dan kanamycin, apabila diberikan terus menerus secara rutin, dapat mengakibatkan efek - efek samping sebagai berikut :

- gatal - gatal pada kulit anjing
- muntah 
- diare
- kerusakan pada ginjal
- kerusakan pada hati
- kanker
- keguguran pada anjing hamil
- cacat pada anakan anjing

Thank God for nowadays technology, kalau tidak dilakukan research tentang pemberian hati ayam atau sapi kepada anjing, sampai sekarang kita tidak bakal tahu dampak - dampak ini.

2 comments:

  1. aduhhhhh...saya 1 bulan berturut2 kmrn ngasih makan ati ayam ke anjing saya, tapi setelah dokter bilangin gak bole, langsung shock dan saya stop.....soale awale sy suka lihat anjing saya jadi lahap makannnya

    ReplyDelete
  2. my suggestion do some research apapun itu sebelum kamu berikan ke anjing kamu for example seperti ini "hati ayam/sapi" sebelumnya saya mencari tahu apa sih manfaatnya sampai kebanyakan orang memberikan kepada anjingnya untuk di konsumsi, turns out it's a big no no no for your dog

    ReplyDelete