Tuesday, February 22, 2011

Mind The Sign

Dog food tergolong menjadi tiga jenis, yaitu grocery quality, premium quality, dan super premium quality. Bukan premium atau pertamax ya. Biasanya jenis dog food ini tertera pada packaging dog food. Jujur kalau saya sendiri suka malas membaca penjelasan kandungan dog food di bagian belakang packaging dog food, satu karena ngeliat banyak tulisan kecil - kecil mata siwer, dua suka bingung sendiri dengan beberapa istilah yang digunakan. So here's I gave you the big guide line.



Grocery Quality : Biasanya banyak dijual di supermarket atau mini market. Jenis dog food ini berbahan dasar beras, sereal, jagung dan kedelai. Bahan baku protein diambil dari telur, tepung tulang, darah hewan dan produk samping dari hewan lainnya seperti usus, hati, dan jeroan lainnya. Jenis dog food ini masih sering memakai bahan pengawet dan perasa kimia.

Premium Quality : Jenis dog food ini menggunakan bahan dasar daging hewan seperti ayam, sapi, dan unggas (burung, bebek, dan lain - lain). Bahan dasar karbohidrat di ambil dari jagung dan kedelai. Kebanyakan jenis dog food ini sudah tidak menggunakan bahan perasa kimia, untuk mengganti bahan perasa kimia tersebut maka digunakan bahan - bahan perasa alami dari keju kering, tepung telur dan lain - lain. Kandungan mineral dan vitamin pada jenis dog food ini sudah memenuhi kebutuhan anjing jadi tidak perlu vitamin tambahan lagi. Dan untuk bahan pengawet menggunakan lemak hewan, vitamin C dan E.

Super Premium Quality : Jenis dog food ini menggunakan bahan dasar sesuai dengan standard kesehatan dan kualitas yang sama dengan manusia gunakan. Contohnya seperti daging ayam hanya menggunakan bagian dada saja, tidak lagi menggunakan produk sampingan seperti jeroan, tulang, bulu, dan sebagainya. Dan juga sudah tidak menggunakan jagung dan kedelai yang ternyata bisa memicu alergi. Karbohidrat di ambil dari beras putih, beras merah, dan sereal atau oatmeal. Kebanyakan jenis dog food ini sudah tidak menggunakan bahan pengawet sebagai gantinya jenis dog food ini menggunakan packaging seperti alumunium foil untuk menjaga kualitas dog food. Ada beberapa dog food berkualitas super premium yang masih menggunakan bahan pengawet namun bahan pengawet tersebut di ambil dari  bahan pengawet alami seperti rosemarry, lemak hewan, vitamin C, dan vitamin E.


Setelah dipikir - pikir bahan dasar dog food sama saja dengan makanan manusia cuma rasanya saja yang dibuat sedemikian rupa untuk lidah anjing, tapi masih pada waras kan  tidak makan dogfood :)

No comments:

Post a Comment